.

.
.
Posted by : dedek pane Tuesday, 19 March 2013

Membuat aplikasi desktop di Java, sama mudahnya dengan menggunakan bahasa lainnya, seperti Visual Basic, Delphi, dan kawan-kawannya. Salah satu perbedaan Java Desktop dengan yang lainnya, adalah bahwa tampilan form di Java sebenarnya tidak ada secara real, maskutnya bahwa form di Java terbentuk oleh file .JAVA (kode program), dan desain-nya diatur oleh sebuah file .XML. Jadi mirip-mirip dengan file .HTML, yang desain tampilannya diatur oleh file .CSS.

Oke, langsung saja, ke langkah-langkah, yang paling utama :
1. Membuat Proyek Baru

2. Pilih “Java” > “Java Aplication” > “Next”

3. Isikan nama Proyeknya, Finish

4. Otomatis akan terbuat sebuah file dengan nama Main.JAVA. File inilah yang pertama kali di-load atau dipanggil saat program dieksekusi. Sebenarnya di file ini, tidak ada tampilan Form-nya, namun agar tampil formnya, akan dipanggil sebuah Form yang mana digunakan sebagai tampilan Utama dari Program yang kita buat (biasanya diberi menu-menu, status bar, dll).
Untuk memanggil form utama (dalam contoh ini “Utama.JAVA”– yang akan dibuat di langkah selanjutnya), ketikkan kode :
Utama ut = new Utama();
ut.setLocationRelativeTo(null);
ut.setVisible(true);
5. Selanjutnya buat sebuah Form Utama tersebut, dengan cara : Klik kanan di Source Package-nya (icon kotak) > New > JFrameForm. Jika tidak ada di pilihan pilih Other

6. Kemudian isikan namanya (misalnya “Utama.JAVA” – ekstensi JAVA gak usah ditulis), kemudian Finish

7. Nah di file Utama.JAVA inilah kita bisa menempatkan menu, gambar background, dll. Buatlah tampilan sebaik mungkin, karena inilah tampilan utama dari program.

8. Membuat menu, langkah-langkahnya :  Klik kanan pada desain form > Add From Pallete > Swing Menus > Menu Bar

Atau juga bisa memilih dari Pallete (di sebelah kanan Netbeans - jika tidak ada bisa dimunculkan lewat Menu Windows > Pallete) :

9. Memberi submenu  : Klik kanan nama menunya > Add From Pallete > Menu Item 
 

10. Memberi aksi pada menu/sub menu jika diklik. Maksudnya memberi aksi, yaitu mau dibawa kemana program setelah menge-klik menu/submenu tersebut, apakah menampilan form baru, atau yang lainnya. Sebagai contoh, memberi aksi menu, untuk menampilkan form baru (harus sudah dibuat form barunya), adalah sama dengan memanggil suatu kelas. 

Klik kanan pada menu/submenu > Events > Action > ActionPerformed , kemudian akan muncul kode program, nah langsung, jangan pindah ke mana-mana, ketikkan kode dengan format :

Nama_Form_YangDipanggil nama_instance = new Nama_Form_YangDipanggil();
nama_instance.setLocationRelativeTo(null); // untuk men-tengahkan tampilan form
 nama_instance.setVisible(true); // menampilkan form

sebagai contoh untuk memanggil form InputData.JAVA : 

InputData input = new InputData();
input. setLocationRelativeTo(null);
input.setVisible(true);

11. Membuat form InputData.JAVA (form yang akan dipanggil dari menu di Form Utama.JAVA). Langkah-langkahnya adalah, sama dengan membuat form utama tadi, yaitu Klik kanan pada Source Package > New > JFrameForm.

12. Nah, disini Anda dapat berkreasi dengan menambah-nambahkan komponen dari form, seperti label (Teks), Teks Field (Isian Teks), Radio Button, Textarea, Combobox, dll, dengan klik kanan > Add From Pallete > Swing Control > Pilih Sendiri, atau juga dengan meng-klik dan geser (klik and drag) ke jendela desain  dari menu Pallete di sebelah kanan (jika tidak ada, klik menu Windows > Pallete)

13. Sekian dan terimakasih, selamat mencoba. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Hosting Murah

Hosting Murah
Hosting + Domain Rp.300.000 / Tahun

Popular Post

.

Blog Archive

Teman

Follow us on Facebook

.

- Copyright © Pane Comunity™ -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -