Ads 468x60px

\

Friday 8 March 2013

Cara Memodifikasi Standar Samping Honda Beat

Honda Beat memiliki sistem saklar pangaman pada standar samping bawaan dari pabrik yang membuat motor tidak dapat di hidupkan atau mati saat standar samping diturunkan. Mungkin kita agak terganggu jika misalnya saat kita akan membuka pintu gerbang saat akan masuk rumah. Ketika saat ingin membuka pintu gerbang pasti kita mau tidak mau harus menyetandarkan motor kita. Dan jika sebelum dimodifikasi pasti motor akan mati ketika kita menurunkan standar samping.
Setelah browsing di internet ada salah satu blog dari yogya yang membahas tentang masalah ini. Buat pada Beaters yang ingin mengaplikasikan metode ini silahkan disimak ya.
Cari info tentang saklar standar samping akhirnya dapat Service Manual Honda Vario, langsung cari bagian diagram kabelnya, file dalam bentuk PDF dapat didownload di SINI. Sistem kerjanya adalah kabel Hijau-Strip Putih (G/W) yang masuk ke ICM (Ignition Control Module) harus terhubung dengan ground/negatif (Kabel Hijau) supaya mesin tetap hidup, posisi standar samping naik.
Kesimpulannya kita harus menghubungkan kabel Hijau-Strip Putih ini dengan ground saat standar samping diturunkan supaya mesin tetap hidup. Saya tidak mau fitur keselamatan ini 100% non aktif dengan menghubungkan kabel Hijau-Strip Putih langsung terus menerus ke ground, yang dikehendaki adalah fitur keselamatan standar samping hanya non aktif pada kondisi tertentu, turun sebentar membuka pagar, atau berhenti lainnya yang tidak perlu mematikan mesin dan menggunakan standar samping. Akhirnya diputuskan untuk memanfaatkan fitur rem parkir Honda BeAT, yaitu rem belakang dapat dikunci (seperti rem tangan pada mobil), jadi sepedamotornya aman direm, standar samping turun, mesin tidak mati, dapat buka pagar, dan yang paling penting juga adalah fitur keselamatan standar samping tetap berfungsi, tetap mematikan mesin kalau standar samping turun dan sepedamotornya tidak direm.
Saat sepedamotor direm, saklar rem akan mengirim tegangan positif yang diteruskan melalui kabel warna Hijau-Strip Kuning (G/Y) untuk menyalakan lampu Rem Belakang. Untuk merubah sinyal rem tegangan positif menjadi sumber negatif seperti yang dibutuhkan ICM saya menggunakan relay.
relay honda beat Cara Memodifikasi Standar Samping Honda Beat
relay-honda-beat
Saat tuas rem belakang ditarik kemudian dikunci, lampu rem menyala, ada tegangan positif di kaki relay 85, relay akan bekerja dan menghubungkan kaki relay 30 dengan 87, maka ICM tetap mendapat Ground walaupun standar samping diturunkan, nah kemudian sekarang dipasang di sepeda motornya.
Berikut langkah-langkah untuk mengeejakannya :
battery honda beat Cara Memodifikasi Standar Samping Honda Beat
Untuk keamanan dan keselamatan lepas baterai; kutub negatif lebih dahulu (dan pasang  baterai kutub negatif terakhir).
buka jok honda beat Cara Memodifikasi Standar Samping Honda Beat
Buka jok bersama bagasi kecil, 4 baut ukuran kunci 12 dan tiga sekrup ukuran Philips #2
cek saklar ss honda beat Cara Memodifikasi Standar Samping Honda Beat
Buka juga penutup mesin depan (2 lagi sekrup Philips #2), periksa ulang warna kabelnya karena wiring diagram yang saya punya model VARIO, ternyata sama.
cek posisi icm honda beat Cara Memodifikasi Standar Samping Honda BeatCek lagi dibagian ujung yang masuk ke ICM, kabel warna Hijau-Strip Putih, OK sip cocok.
relay icm honda beat Cara Memodifikasi Standar Samping Honda BeatGround, Lampu Rem, ICM
beat ground honda beat Cara Memodifikasi Standar Samping Honda BeatGround, gabung bersama kabel ground yang lain di frame.
3m tape honda beat Cara Memodifikasi Standar Samping Honda BeatUntuk kabel ke lampu rem dan ICM semuanya hanya saya colok (setelah ujung kabelnya dikupas dan disolder agar kaku), kemudian disolasi dengan isolasi yang baik khusus kendaraan bermotor (Scotch 3M 33 Vinyl Plastic Electrical Tape) agar tidak lepas. Tidak ada bagian kabel asli yang dirubah.
Hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini Honda BeAT dapat hidup mesinnya (Lampu Depan AC menyala) dengan posisi standar samping setelah rem belakang dikunci.
modifikasi standar samping honda beat Cara Memodifikasi Standar Samping Honda Beat
Modifikasi Standar Samping Honda Beat

0 comments:

Post a Comment

.

.
.